Saya Sudah Tertipu!!! Jangan Percaya!!!

Akhir Desember 2012 saya memutuskan untuk membeli hape baru. Sebenarnya saya belum mau beli hape baru, karena hape saya yang lama masih baik-baik saja. Biasanya saya akan membeli hape baru jika hape saya rusak atau hilang. Sudah 3 kali saya ganti hape, 2 diantaranya karena hilang (terjatuh entah di mana) dan satu lagi karena benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Ceritanya, waktu itu calon suami saya (sekarang sudah jadi suami, hihihi) baru beli hape baru Blackberry Gemini 3G dan dia menyuruh saya untuk ganti hape dengan merk yang sama dengan dia agar lebih mudah berkomunikasi karena ada fitur Blackberry Messenger. Awalnya saya menolak dengan berbagai alasan dan utamanya karena saya juga telah menggunakan smartphone yaitu LG P350 Optimus Me yang notabene menggunakan OS Android. Akhirnya saya luluh, tapi saya tidak mau menjual smartphone saya dan saya memutuskan untuk pakai 2 smartphone sekaligus, Android dan Blackberry.

Karena saya sudah memakai smartphone yang lumayan canggih, saya mencari Blackberry yang murah-murah saja tapi bagus dari segi bentuk. Pilihan saya jatuh ke Blackberry Pearl Flip 8220. Kalau nyari di counter resmi pasti sudah tidak ada yang jual soalnya BB ini keluaran tahun 2009. Saya coba cari di situs www.tokobagus.com, ternyata di sana banyak juga yang jual BB tipe ini tapi rata-rata BM alias Black Market. Mau beli yang BM takut kalau ternyata barangnya rekondisi, mau beli yang bekas juga takut kalau kondisi barangnya tidak sesuai yang dikehendaki. Eh, pas lagi asik nyari, ada yang jual BB tipe ini dengan harga cukup murah (Rp 975.000, belum ongkos kirim) plus garansi agen 2 tahun (Eramobile). Jadilah saya menghubungi si pemasang iklan untuk segera bertransaksi.

Setelah 3 bulan memakai BB itu, tiba-tiba ada masalah dengan BB saya. Setelah di charge BB saya restart sendiri, kemudian saya coba nyalakan lagi tapi tak lama kemudian restart lagi hingga 4 kali seperti itu terus. Terakhir saya coba nyalakan lagi tapi sudah tidak bisa, MATI TOTAL (MATOT), cuma LED-nya aja yang kedip-kedip. Saya coba searching di internet katanya kalo BB matot dan LED-nya masih kedip-kedip istilahnya NUKED. Saya coba instal ulang OS-nya tapi tetap tidak bisa nyala. Berarti permasalahannya jelas ada di hardware-nya. Kalo sudah masalah hardware saya jelas tidak sanggup menangani sendiri. Mau saya bawa ke servis center resminya di Surabaya tapi koq jauh banget, karena posisi saya waktu itu di Blitar. Akhirnya saya putuskan cari tempat servis yang tidak resmi di Malang toh BB saya juga bukan BB keluaran TAM, SS, atau COMTECH yang merupakan distributor BB resmi di Indonesia.

Saya coba cari di internet tempat servis BB yang recommended. Cari di mbah google ternyata ketemu iklan seperti gambar di bawah ini.

MJR-1MJR-2MJR-3MJR-4MJR-5
Singkat cerita, saya akhirnya menuju tempat servis HP di atas. Sampai di sana saya menjadi ragu karena tempat servisnya tidak meyakinkan. Tempat servisnya hanya berupa garasi kecil berukuran sekitar 3×2 meter, gelap dan pengap karena sebagian pintu garasinya sengaja ditutup dan tidak ada jendela. Tidak ada papan nama di halaman depan, siapapun yang mencari tempat servis HP ini pasti bingung, saya aja sempat kesasar sebelumnya. Bagian dalam terlihat sangat berantakan, banyak charger HP bergelantungan. Tapi karena saya sudah terlanjur sampai di sana, akhirnya saya tetap memaksakan diri untuk servis HP di sana.

Pertama-tama BB saya dicek, kemudian mereka mengatakan butuh pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui letak kerusakannya. Nah, terus saya tanya butuh berapa lama untuk nge-cek BB saya keseluruhan, kata mereka butuh waktu sekitar 2 jam dan mereka berjanji akan segera memberitahu saya via telpon/sms jika sudah selese pengecekan. Saya tunggu-tunggu sampai keesokan harinya ternyata tetap tidak ada kabar. Akhirnya saya inisiatif telpon, tapi tidak nyambung alias tidak ada nada sambungnya. Saya masih positif thinking mungkin karena nomernya pake IM3 dan saya juga pake nomer IM3 jadi sulit nyambung, karena IM3 memang biasa seperti itu. Saya kirim sms tapi tidak ada balasan. Dari sinilah rasa tidak percaya saya memuncak.

Saya putuskan untuk datang ke tempat servisnya lagi, ternyata BB saya sudah berantakan, mereka bilang IC Power-nya rusak. Saya tanya lagi kira-kira butuh waktu berapa lama untuk menservis BB saya, mereka bilang 3 hari dan berani berjanji untuk mengantarkan BB saya ke rumah jika sudah selese diperbaiki, namun sampai 3 hari berselang BB saya masih belum selesai diperbaiki. Bahkan mereka tidak memberi kabar pada saya sama sekali. Karena saya sedang tidak ada di Malang, jadilah saya minta tolong orang rumah untuk mendatangi tempat servis itu lagi karena seperti sebelumnya mereka tidak bisa dihubungi, di sms berkali-kali juga tidak ada balasan. Ternyata BB saya masih belum selesai juga diperbaiki, akhirnya saya biarkan BB saya di sana sampai hampir 2 minggu. Selama hampir 2 minggu itu pula, mereka tidak memberi kabar apapun pada saya, dan tidak bisa dihubungi sama sekali (masa’ iya ditelpon > 40 kali tetap tidak ada nada sambungnya, di sms >10 kali tidak ada balasan) aneh atau memang disengaja saya juga tidak tahu.

Sampai pada akhirnya saya sudah hilang kesabaran. Saya minta tolong ibu saya untuk nge-cek BB saya di tempat servis itu lagi. Dan taukah kalian apa yang terjadi, tempat servis itu tutup dengan dalih sedang libur padahal itu bukan weekend/tanggal merah. Karena saya sudah tidak percaya lagi, akhirnya saya meminta tolong ibu saya untuk mengambil paksa BB saya dari tempat itu, tidak peduli meskipun whorkshop-nya sedang tutup. Untungnya mereka tahu diri dan tidak memungut bayaran.

Seperti itulah kira-kira pengalaman saya menyervis BB di tempat servis abal-abal. Smoga kalian tidak mngalami hal yang sama dengan saya.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Saya Sudah Tertipu!!! Jangan Percaya!!!

  1. Julian berkata:

    kalo hp bm bisa rusak ga

    • BM? Black Market maksudnya?
      Jelas bisa rusak lah, masalahnya qt tdk tau hp bm itu hp ori yg cuma gak laku di pasaran negara lain trus diekspor ke indonesia krn tingginya permintaan atau hp rekondisi yg jelas-jelas sdh rusak dan hbs masa garansi tapi dirakit ulang dengan komponen2 yg gak jelas juga ori/tdk

  2. Adi Wijaya berkata:

    Untuk Ongkir ke Palembang berapa?

  3. Yanti Saraswati berkata:

    Untuk Ongkir ke Tasikmalaya berapa?

  4. wahh sama mbakk….aku juga gitu BBku jga pernah di service di tmpt abal” gitu :v
    BB bold 9790 ku jga di berantakin sampe segelnya di lepas….. lokasinya tp di salatiga….
    akhirnya kena biaya perbaikan 950rbu di TAM Semarang.krna garansinya udh ga berlaku krn segel di lepas sama konter abal” di salatiga… untung diingetin sama S2 Blackberry Salatiga untuk diperbaikin di TAM semarang

Tinggalkan Balasan

