Chocholate Cookies ala Roza

Tidak terasa Bulan Ramadhan kali ini cepat sekali berlalu. Seminggu lagi lebaran cuy…hehehe. Nah, untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri, saya dan keluarga memutuskan untuk membuat beberapa macam kue kering. Yang udah pasti dibuat adalah Kaastengle (a.k.a Kue Batang Keju).

Kali ini saya juga pengen kue yang lain, masa’ nyuguhin tamu kuenya cuma kaastengle doank, apalagi sekarang saya udah punya calon suami dan calon mertua, lumayan buat pamer-pamer hahaha. Pengen bikin nastar tapi koq ribet ya, harus bikin selai nanas sendiri coz kalo beli selainya terlalu lembek (banyak airnya). Akhirnya saya putuskan untuk bikin kue coklat mirip dengan kue merk “Good Time” yang banyak dijual di pasaran yang saya beri nama Chocholate Cookies ala Roza.

Kenapa saya kasih nama seperti itu? Ceritanya saya salah beli bahan. Harusnya pake mentega putih (butter) tapi saya malah beli butter cream yang biasanya dipake dekorasi kue tart. Tapi hasilnya, enaaaak dan kuenya juga nggak keras. Padahal butter cream kan komposisinya pake putih telur yang dikocok sampe kaku dan kue kering itu HARAAAM hukumnya pake putih telur karena bisa bikin tekstur kuenya jadi keras (hukum ini mungkin berlaku kalo dicampur putih telur yang nggak dikocok sampe kaku hohoho).

Supaya kalian bisa ikutan mencicipi, nih saya kasih resepnya. Ini bahannya agak banyak (kira-kira 4 toples ukuran sedang), sengaja, soalnya saya buat persediaan pas lebaran biar nggak bikin lagi kalo pas habis, capeeek soalnya nguleni adonannya (berasa angkat besi 10 kg).

Bahan:
2 kg tepung terigu kunci biru
1 kg butter cream
1/2 kg mentega putih (butter)
100 gram coklat bubuk
1/2 kg gula halus (aslinya 1 kg, karena butter cream sudah manis jadi pake separoh aja)
5 buah kuning telur
200 gram chocho chips
200 gram kacang kenari, cincang kasar

Cara Memasak:
1. Campur kuning telur, gula halus, coklat bubuk, butter cream dan butter jadi satu kemudian kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga rata.

2. Setelah itu, masukkan tepung terigu, dan uleni dengan tangan atau sendok kayu hingga tercampur rata dan bisa dibentuk.

3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, campur satu bagian dengan kacang kenari cincang, aduk hingga merata. Satu bagian lagi biarkan tetap polosan.

4. Bentuk adonan menjadi bulatan, kemudian pipihkan. Letakkan di atas loyang yang sudah diberi mentega. Untuk adonan yang tidak diberi kenari, setelah dibentuk bulat dan dipipihkan dapat diberi topping chocholate chips kurang lebih 5 buah.

5. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 20 menit. Sajikan dalam toples atau piring saji.

Hasilnya jadi seperti ini nih…

SELAMAT MENCOBA… ^_^ (Ditunggu komen-komenya)

Pos ini dipublikasikan di Hobi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Chocholate Cookies ala Roza

  1. adrian10fajri berkata:

    Blognya bagus..

    Salam kenal yah..

    Silahkan berkunjung jg ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (blog Pesona Palembang)..

    Semoga berkenan.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s