Anatomi 1: Introduction

Anatomi berasal dari bahasa Yunani ‘temnein’ yang artinya memotong. Dari sudut medis, anatomi terdiri dari berbagai pengetahuan tentang bentuk, letak, ukuran, dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat sehingga sering disebut sebagai anatomi deskriptif atau topografis. Anatomi topografi harus dipelajari dengan pembedahan dan pemeriksaan berulang kali pada tubuh manusia yang telah meninggal (cadaver).

Anatomi dapat dipelajari dengan 2 pendekatan yang berbeda:

  • Anatomi regional, di mana setiap regio/bagian dalam tubuh manusia dipelajari secara terpisah dan segala aspek yang berhubungan dengan regio tersebut dipelajari secara bersamaan. Contoh: Jika Anda akan mempelajari Regio Dada (Thorax), semua struktur yang terdapat dalam regio ini harus dipelajari. Termasuk di antaranya vaskularisasi, innervasi, tulang (os.), otot-ototnya (musculus), dan organ apa saja yang terdapat di dalamnya. Begitu juga dengan regio lainnya.
  • Anatomi sistem, di mana setiap sistem organ dipelajari dan diamati perjalanannya dalam tubuh manusia. Contoh: Jika saya akan mempelajari Sistem Kardiovaskular, maka saya tidak hanya mempelajari jantung tetapi juga mempelajari seluruh pembuluh darah dalam tubuh manusia. Begitu pula dengan sistem lainnya.

ANATOMI REGIONAL

Secara garis besar bagian tubuh manusia, terbagi menjadi 9 regio:

  • Regio Cranialis (Kepala)
  • Regio Coli (Leher)
  • Regio Thorax (Dada)
  • Regio Abdomen (Perut)
  • Regio Pinggul (Pelvis)
  • Regio Vertebrae (Punggung)
  • Regio Genitalia (Kemaluan)
  • Regio Ekstremitas Superior (Lengan)
  • Regio Ekstremitas Inferior (Tungkai)

Masing-masing regio ini masih memiliki beberapa subregio lagi.

ANATOMI SISTEM

Secara umum, sistem organ dalam tubuh manusia dibedakan menjadi:

  • Sistema Respiratorius (Pernapasan)
  • Sistema Cardiovascular (Jantung dan Pembuluh darah)
  • Sistema Endokrin (Kelenjar dan Hormonal)
  • Sistema Digestivus (Pencernaan)
  • Sistema Urinarius (Ekskresi)
  • Sistema Genitalia (Reproduksi)
  • Sistema Musculosceletal (Otot dan tulang)
  • Sistema Nervosum (Saraf)
  • Sistema Neurosensoris (Indera)

ISTILAH-ISTILAH DALAM ILMU ANATOMI

Posisi anatomi: merupakan posisi standar tubuh yang digunakan untuk mendeskripsikan lokasi dari suatu struktur anatomi. Dalam posisi ini kita berdiri tegak dengan kedua lengan di samping tubuh, kedua telapak tangan menghadap ke depan, kepala tegak dan mata tertuju lurus ke depan. Biar tidak bingung langsung saya kasih gambarnya saja. Kalo kurang jelas klik aja gambarnya biar jelas.

 

Posisi Anatomi dan Istilah Dasar dalam Anatomi

Istilah-istilah untuk Mendeskripsikan Lokasi. Ada beberapa pasang istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan lokasi suatu struktur anatomi, yaitu:

  • Dextra (kanan) dan Sinistra (kiri)
  • Anterior (depan) dan Posterior (belakang)/Ventral (depan) dan Dorsal (belakang)
  • Superior (atas) dan Inferior (bawah)/Cranial (mendekati kepala) dan Caudal (mendekati kaki)
  • Medial (mendekati garis tengah) dan Lateral (menjauhi garis tengah)
  • Proximal (mendekati tubuh) dan Distal (menjauhi tubuh)
  • Superficial (permukaan) dan Profunda (dalam)

Sumber:

  • Drake R.L., Vogl W., dan Mitchell A.W.M., 2005. Gray’s Anatomy for Student 1st Edition.  Philadelphia: Elsevier
  • Sisa-sisa ingatan saya mengenai kuliah anatomi (hehehehehehe…:mrgreen: )
Pos ini dipublikasikan di Kedokteran. Tandai permalink.

6 Balasan ke Anatomi 1: Introduction

  1. Nick Doank berkata:

    tolong di update selalu istilah-istilah dalam ilmu antomi dan fisiologi……….
    lebih buanyak literaturnya khan lebih asyiiiik……

    • maksudnya diupdate itu diganti krn bnyk istilah baru atau diperbanyak ya???
      coz kalo diganti gak mungkin, nama2 ini sudah paten dipake secara internasional (makanya pake bahasa latin…)
      kalo diperbanyak okelah, tapi kapan2 ya…msh sibuk nih…

  2. ewik berkata:

    ngapalin anatomi kok susah banget ya……

  3. E berkata:

    smester ini saya muali kuliah anatomi T.T
    banyak kah materinya?

    • oh ya ??? Kuliah di mana ???
      kalo awal2 sih biasanya materinya seperti yg saya jelaskan di postingan ini.
      mungkin ditambahi sedikit tentang pembagian subregio pada masing2 regio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s