Masakan Ala J-drama dan Kartun Jepang

Wah, rasanya udah lama banget saya nggak nulis blog. Maklum, akhir-akhir ini saya memang agak sibuk. Jadi, baru sekarang deh saya bisa nulis blog lagi. Kali ini saya terinspirasi oleh beberapa J-drama yang menampilkan masakan-masakan yang menggiurkan. Saya sendiri sebenarnya juga suka memasak, cuma gara-gara status saya sekarang adalah anak kos, saya jadi malas memasak, mending beli di warung lebih praktis. Beberapa masakan di bawah ini, pernah saya coba untuk membuatnya. Lumayan gampang, baik dari segi bahannya maupun cara pembuatannya. Kalo kalian tertarik, coba aja sendiri.

 

OMURAISU (OMELETTE RICE)

Omuraisu (Baca: Omurice) adalah perpaduan antara masakan barat dan masakan Jepang. Bentuknya unik, terdiri dari nasi goreng yang dibalut dengan telur dadar (omelette) dan bagian luarnya dilumuri dengan saus. Cara membuatnya juga sangat mudah, sehingga cocok untuk hidangan saat sarapan. Berikut adalah cara membuat omurice.

Bahan:

  • Daging ayam cincang atau kornet sapi
  • Nasi putih
  • Kacang polong beku
  • Jamur kancing, diiris tipis
  • Bawang merah dan putih cincang
  • Tomat, diiris dadu kecil-kecil
  • Telur 2 butir
  • Kecap, garam, merica

Cara Membuat:

  • Tumis bawang merah dan putih cincang hingga harum dan berubah warna
  • Masukkan tomat, kacang polong beku, dan jamur kancing
  • Masukkan ayam/kornet kemudian masak hingga berubah warna
  • Masukkan nasi, kecap, garam dan merica
  • Masak hingga tercampur rata, diamkan
  • Kocok 2 butir telur, masak di atas wajan antilengket berdiameter 20 cm
  • Letakkan nasi goreng di atas telur dadar, kemudian gulung telur hingga menutupi nasi goreng
  • Letakkan omurice di atas piring dan beri saus tomat/sambal di atasnya

 

FRENCH TOAST

Nah, kalo yang satu ini bukan asli masakan Jepang, cuma saya sering lihat di J-drama. Cara bikinnya malah lebih mudah daripada omurice. Jadi kalo kalian tertarik silahkan dicoba langsung. Intinya, french toast itu adalah roti yang dicelupkan dalam adonan telur kocok yang dicampur dengan susu kemudian dipanggang dan diberi topping sesuai selera. Berikut adalah cara membuatnya.

Bahan:

  • Roti tawar
  • Telur
  • Susu cair

Cara Membuat:

  • Roti tawar dipotong persegi/bundar/segitiga
  • Telur dikocok lepas, kemudian dicampur dengan susu cair
  • Celupkan roti tawar ke dalam adonan susu dan telur
  • Panggang di atas wajan anti lengket hingga berubah warna menjadi kecoklatan
  • Angkat dan hidangkan di atas piring
  • Jangan lupa beri topping untuk menambah rasa. Terserah mau dikasih apa, biasanya sih gula bubuk/madu/keju parut.

 

KUE DORAYAKI

Jajanan ala Jepang ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan favorit robot kucing kesayangan Nobita ini terdiri dari 2 lapis pancake yang ditengahnya diberi selai kacang merah. Nah, untuk mempermudah pembuatannya, resep kali ini tidak menggunakan selai kacang merah akan tetapi menggunakan selai coklat. Buat kalian yang sudah tidak sabar untuk mencoba, simak baik-baik cara pembuatannya ya.

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 150 ml air
  • Selai coklat untuk isi

Cara membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir, dan garam sampai kental. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata bergantian dengan sir sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan.
  2. Panaskan pan dadar. Tuang 1 sendok makan adonan. Biarkan mengembang. Balik adonan. Sisihkan.
  3. Ambil selembar dorayaki. Oles isi. Tutup lagi dengan dorayaki.

 

KUE MOCHI

Awalnya saya kira susah membuat kue mochi, soalnya kalo lihat Nobita dan keluarganya bikin kue ini harus dipukul-pukul trus diuleni lagi, trus dipukul-pukul lagi. Tapi ternyata nggak segitunya kali… (lebay banget sih keluarga Nobi…:mrgreen: ). Kalo tertarik bikin kue mochi, nih saya kasih resepnya.

Bahan Kulit:

  • 150 g tepung ketan
  • 30 g tepung beras
  • 60 g gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 sdm air kapur sirih
  • ¼ sdt garam halus
  • ½ sdt vanilla pasta/bubuk

Bahan Isi:

  • 200 g kacang tanah, sangrai, haluskan
  • 100 g selai kacang/pindakas
  • 1 sdm susu kental manis
  • 3 sdm gula halus

Pelengkap:

  • 100 g tepung maizena, sngrai 7 menit dengan api kecil

Cara Membuat:

  1. Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, gula pasir, air kapur sirih, vanili dan garam. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
  2. Letakan adonan di dalam loyang atau pinggan tahan panas. Kukus selama 15 menit. Keluarkan, aduk-aduk selama 2 menit. Kukus kembali adonan selama 20 menit atau hingga adonan benar-benar matang. Angkat. Diamkan hingga adonan hangat (suam-suam kuku).
  3. Ambil sejumput aonan, beri satu sendok teh bahan isi, bentuk bulat. Gulingkan ke atas tepung maizena yang telah disangrai. Atur di dalam pinggan saji. Hidangkan.
  4. Isi: campur semua bahan isi, aduk rata.

Nah, sementara segini dulu ya infonya. Lain kali kalo ada resep baru lagi pasti saya share di sini. Selamat mencoba…🙂🙂🙂

Pos ini dipublikasikan di Info. Tandai permalink.

8 Balasan ke Masakan Ala J-drama dan Kartun Jepang

  1. syahril berkata:

    wah bagus banget nih sangat membantu. makasih resepnya

  2. anastasia erna berkata:

    terima kasih resep nya …
    terlihat mudah buat nya…

  3. asyrarizka berkata:

    makasih ya buat resepnya🙂

  4. baim berkata:

    duh baiknya… terima kasih ya atas resepnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s