Everything About Malang City

Akhir-akhir ini saya merasa kangen dengan kota kelahiran saya, Malang. Terakhir, saya menginjakkan kaki di Kota Malang adalah pada tanggal 17 Nopember 2010, bertepatan dengan Idul Adha dan itu pun hanya 1 hari. Belum hilang rasa rindu saya dengan kota ini, saya sudah harus bertolak menuju ke Jember untuk menunaikan kewajiban saya. Kesibukan di rumah sakit memang membuat saya menjadi semakin jauh dengan keluarga di Malang, kalaupun saya mendapat jatah libur mungkin hanya 1 atau 2 hari saja. Capek deeeh…

Kota Malang, adalah sebuah kota di Propinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Malang. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, dan dikenal dengan julukan kota pendidikan. Kota Malang terbagi menjadi 5 kecamatan yaitu Klojen, Lowokwaru, Sukun, Blimbing, dan Kedung Kandang. Jumlah penduduk Kota Malang 768.000 (2003) sekarang mungkin sudah mencapai 1 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan 3,9% per tahun.

Malang dikenal memiliki dialek khas yang disebut Boso Walikan, yaitu cara pengucapan kata secara terbalik, misalnya Malang menjadi Ngalam, bakso menjadi oskab, dan contoh lain seperti saya bangga arema menang-ayas bangga arema nganem. Gaya bahasa masyarakat Malang terkenal egaliter dan blak-blakan, yang menunjukkan sikap masyarakatnya yang tegas, lugas dan tidak mengenal basa-basi.:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

Jika anda belum pernah ke Malang, dan ingin berwisata ke Kota Malang simaklah baik-baik informasi di bawah ini.

TEMPAT WISATA

Kota Malang tidak memiliki tempat wisata alam, kalau anda berpikiran Kota Malang memiliki wisata alam anda salah besar. Kota Malang berada di tengah-tengah dan dikelilingi oleh Kabupaten Malang, naaah yang punya wisata alam itu Kabupaten Malang, bukan Kota Malang. Lalu apa saja tempat wisata yang ada di Kota Malang ??? Jawabannya ada pada penjelasan di bawah ini.

Malang Town Square (MATOS)

 

Mall Oympic Garden (MOG)

 

 

 

 

 

 

 

Kedua mall atau pusat perbelanjaan di atas adalah salah satu andalan wisata belanja Kota Malang. Yaaa…meskipun belum sebesar mall-mall di Surabaya atau Jakarta, tapi setidaknya Malang mulai bergerak ke arah sana. MATOS terletak di Jalan Veteran dekat dengan kawasan pendidikan yang terdiri dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, SMA Negeri 8 Malang, SMK Negeri 1 Malang, dan SMP Negeri 4 Malang. Sempat diprotes keberadaannya karena khawatir memperburuk citra kawasan pendidikan di daerah tersebut, tapi akhirnya masyarakat tetap menerima keberadaan mall ini sebagai salah satu icon wisata belanja Kota Malang. MOG terletak di Jalan Kawi dekat dengan arena olahraga Stadion Gajayana Malang (Stadionnya PERSEMA, klub sepak bolanya Irfan Bachdim itu lho…hehehe :mrgreen:). Waaa…jadi pengen belanja deh

Tempat wisata lainnya adalah Candi Badut, yang merupakan satu-satunya candi peninggalan Kerajaan Singosari yang terletak di wilayah Kota Malang, tepatnya di daerah Tidar, Kecamatan Sukun. Saya jadi ingat waktu kecil ayah pernah mengajak saya dan adik saya ke rumah teman ayah yang letaknya persis di depan candi ini. Hihihihi:mrgreen: lucu banget ya ??? Gak kebayang setiap hari bisa ngelihat bangunan yang terbuat dari batu tiap kali keluar rumah.

Candi Badut

Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot)

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada juga tempat wisata yang murah meriah, terletak di belakang Balai Kota Malang. Namanya Taman Rekreasi Kota Malang atau biasa disingkat TAREKOT. Pada tahun 2004, tiket masuknya sekitar Rp 3500,- nggak tau deh sekarang harus bayar berapa kalo mau masuk ke situ. Di dalamnya terdapat mini zoo dan kolam renang. Sayangnya, tempat wisata ini berada di bantaran Kali Brantas yang kotor. Jadi agak terganggu gitu pemandangannya. Ckckckckck…

Kalau anda sedang berkunjung ke Kota Malang, ada beberapa taman di tengah Kota Malang yang menurut saya bagus banget untuk dikunjungi. Gak perlu bayar lagi, alias gratis. Kedua taman itu adalah Taman Tugu Kota Malang dan Alun-alun Kota Malang. Taman tugu terletak di Jalan Tugu di depan Balai Kota Malang dan di depan Kompleks SMA Tugu (SMA Negeri 1 Malang dan SMA Negeri 4 Malang). Dulu waktu saya masih SMA juga sering main ke sini:mrgreen: karena dekat dengan sekolah saya, SMA Negeri 1 Malang. Kalo Alun-alun letaknya tepat di tengah Kota Malang, dikelilingi oleh pertokoan (Ramayana, Mitra Departemen Store, Gajah Mada Plaza, Malang Plaza, Sarinah, dan Toko Buku Gramedia) dan perkantoran (Kantor Pos, Kantor Bupati Malang, Kantor Pajak, Bank Lippo dan Bank Indonesia) serta tempat ibadah (Masjid Jami’, GPIB Immanuel, dan Gereja Khatedral).

 

Taman Tugu pada Malam Hari

Alun-alun Kota Malang pada sore hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEKTOR PENDIDIKAN

Sektor pendidikan Kota Malang telah maju dengan pesat. Banyak lulusan SMA dari Kota Malang yang diterima di perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia. Karena prestasinya tersebut, banyak masyarakat dari luar kota Malang termasuk juga Kabupaten Malang, yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di Kota Malang. SMA di Kota Malang yang sudah cukup dikenal masyarakat karena prestasinya adalah SMA Tugu yang terdiri dari SMA Negeri 3, SMA Negeri 1, dan SMA Negeri 4. Ketiga SMA ini merupakan SMA favorit di Kota Malang.

SMA Negeri 1 dan 4 Malang terletak di Jalan Tugu Utara, tepat di seberang Balai Kota Malang sedangkan SMA Negeri 3 Malang terletak di Jalan Sultan Agung tepat di belakang SMA Negeri 1 dan 4. Ketiga sekolah ini memiliki bangunan yang serupa yang merupakan gedung peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Unik kaaaan…

Rektorat UB

Rektorat UM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kota Malang memiliki 5 perguruan tinggi negeri, antara lain Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan Politeknik Kesehatan Malang (Poltekkes). Selain itu, untuk menujang pelaksanaan pendidikan pada program studi bidang kesehatan, Kota Malang juga memiliki RSD dr.Saiful Anwar (Jalan Jaksa Agung Suprapto) yang merupakan rumah sakit tipe A pendidikan milik pemerintah propinsi Jawa Timur.

Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang terletak di Jalan Veteran, UIN terletak di Jalan Gajayana, Polinema terletak di Jalan Borobudur sedangkan Poltekkes terletak di Jalan Ijen Kota Malang. Semua perguruan tinggi ini berada pada lokasi yang berdekatan sehingga mudah untuk dicari. Tapi sayangnya aku nggak kuliah di Malang…

YANG UNIK DARI MALANG

Setiap hari Minggu pagi, kawasan Jalan Semeru selalu ditutup untuk kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan Jalan Semeru dijadikan tempat transaksi antara penjual dan pembeli, jadi pasar minggu maksudnya. Yang dijual  bermacam-macam mulai dari makanan hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga. Makanannya pun bermacam-macam, jadi bisa wisata kuliner deeeh. Selama menjadi orang Malang, baru satu kali aku ke tempat ini. Rame banget, apalagi kalo masih pagi, wuiiiih bener-bener lautan manusia. Hati-hati ya kalo mau ke sini…

 

Pasar Tugu Hari Minggu

 

Ada juga acara rutin tahunan yang selalu diadakan setiap event ulang tahun Kota Malang. Ya… kira-kira bulan April – Mei gitu deh bertempat di Jalan Ijen, Kota Malang pasti mengadakan Festival Malang Kembali atau yang lebih dikenal sebagai Malang Tempo Doeloe (MTD). Yang datang ke acara ini nggak cuma masyarakat Kota Malang, tapi juga dari luar kota. Temen-temen saya yang ada di Jember aja pada tau, tapi sayang meskipun saya orang Malang tapi saya belum pernah datang ke acara ini😥. Menurut orang yang udah pernah ke sana, acaranya seru. Pertunjukan yang disuguhkan juga tradisional banget. Stan-stan bazaar pun dibentuk sejadul mungkin dan para personilnya pun berdandan ala orang-orang jaman dahulu. Waaaaah….kapan ya aku bisa ke sana?

Suasana MTD

 

OLEH-OLEH DARI MALANG

Biasanya teman-teman saya di Jember selalu nitip dibelikan oleh-oleh, makanan khas Malang. Apalagi kalo bukan kripik tempe beraneka rasa atau kripik aneka buah-buahan. Kripik-kripik ini bisa dibeli di area industri kripik tempe Sanan. Terletak di Jalan Tumenggung Suryo, terlewat jika mau menuju terminal Arjosari. Salah satu merk yang terkenal adalah Kripik Tempe Bu Noer karena sering didatangi artis dan kualitas kripik tempe buatannya memang bagus. Enak lho…sumpah

Selain makanan, oleh-oleh khas Malang adalah SOAK NGALAM (Baca: Kaos Malang). Yap, layaknya DAGADU DJOKJA dan JOGER BALI, SOAK NGALAM siap meramaikan dunia fashion bagi pecinta kaos-kaos khas. Desainnya yang unik dan kata-katanya yang lucu membuat popularitas SOAK NGALAM terus meningkat. Duuuh jadi pengen beli…

 

SOAK NGALAM

 

Nah pren, gimana uraianku tadi tentang Kota Malang ??? Kalo kalian pengen jalan-jalan ke Malang, jangan ragu-ragu. Meskipun Malang nggak punya wisata alam, tapi tetep bisa dijadikan tempat wisata kan. Ok, aku tunggu kedatangan kalian di Kota Malang. Bye…bye…

Pos ini dipublikasikan di Info dan tag . Tandai permalink.

9 Balasan ke Everything About Malang City

  1. tulis4nku berkata:

    kalo tar ada rezeki dan waktunya bisa deh ke Malang, he🙂

  2. tulis4nku berkata:

    Wih keren bener, lengkap dan jelas tulisannya tentang Kota Malang, jadi pengen berkunjung kesana, hehe, mungkin kapan-kapan bisa kesana, hehe, salam kenal🙂

  3. Online Lifestyle berkata:

    jadi tau banyak tentang malang nih

  4. touringrider berkata:

    Nice info ttg Ngalam.. walau cuma 7 tahun hidup di Malang, tapi lebih hapal Ngalam daripada kota kelahiran Madiun. sy biasanya kalau suntuk sering jalan2 ke Ngalam, memang kota Ngalam nggak pernah ada matinya. Apapun di Kota ini, bisa dinikmati sebagai hiburan.

  5. FAISAL berkata:

    yang ane dmen dari malang …malang tempoe doloe
    meski ane bukan penduduk asli tapi ane cinta malang
    Datang kblog ane ya
    http://pitaxxx.wordpress.com/

    • mymedicalzone berkata:

      iya sebenernya mau nulis tentang itu juga
      tapi kelewatan, kapan-kapan deh aq masukin…
      thanks ya udh berkunjung ke sini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s