Dokter dan Video Game

Saat ini, teknologi telah berkembang sangat pesat. Salah satunya adalah teknologi video game dan saya adalah salah satu dari sekian milyar penduduk di dunia yang menggandrungi game. Di laptop saya, tersimpan berbagai macam game, dan kalau saya sudah bermain game saya bisa betah berjam-jam di depan laptop, bahkan saat saya sedang ujian semester sekalipun (ckckckckck… mahasiswa macam apa coba😎 ) , dan akibatnya saya pun mendapat nilai C pada salah satu mata kuliah Kedokteran Tropis yang merupakan bagian dari mata kuliah Ilmu Penyakit Dalam (Gilaaaaaa, 7 sks dapet nilai C….aaaaaaaaaaargh).

Tapi kekecewaan saya terobati ketika saya membaca salah satu artikel di internet yang memuat penelitian seorang ahli psikologi dari Iowa State University, USA tentang manfaat video game dalam meningkatkan ketrampilan tangan para dokter bedah. Penelitian ini mengungkap bahwa dokter bedah yang sering bermain game ternyata melakukan lebih sedikit kesalahan saat melaksanakan pembedahan.

Douglas Gentile, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa game memiliki berbagai dimensi. Ada dampak negatif dan ada pula dampak positifnya. Semua itu tergantung pada bagaimana game itu dimainkan, seberapa sering seseorang bermain game, serta kontennya apa. Gentile dan rekan-rekan melakukan penelitian terhadap 33 dokter bedah spesialis laparoscopy yaitu pembedahan yang melibatkan penggunaan tabung kamera kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien dan dikendalikan oleh dokter. Hasilnya, dokter bedah yang sering bermain game terbukti membutuhkan waktu 27% lebih cepat dan 37%  lebih sedikit melakukan kesalahan daripada dokter bedah yang tidak suka bermain game.

Jadi, buat ibu-ibu yang anaknya doyan main game, jangan buru-buru ngomel yaaa Bu. Sapa tau aja anaknya bisa jadi dokter bedah. Cukup diawasi gitu, jangan sampai kebablasan kayak saya hehehehehehe:mrgreen:

Pos ini dipublikasikan di Info. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

