Tips dan Trik Lulus SPMB/SNMPTN

Postingan ini aku tulis berdasarkan pengalaman 4 tahun yang lalu. Waktu itu aku tidak diterima PMDK di program studi yang aku pilih. Jadilah aku ikut SPMB dan diterima di program studi pilihanku meskipun bukan di universitas yang aku pilih. It’s OK, yang penting kan cita-cita tercapai, betul nggak ??? Berikut adalah tips dan triknya.

TIPS:

  1. Ikutlah salah satu lembaga bimbingan belajar di kotamu. Kenapa ??? Sebab lembaga bimbingan belajar tidak hanya memberikan ilmu atau pelajaran yang sama dengan di sekolah, tapi juga mengajari kita strategi-strategi untuk lulus SPMB/SNMPTN dan memberikan banyak info tentang tes-tes masuk universitas ternama seperti UM UGM dan USM ITB. Saya sudah membuktikannya sendiri. TRUST ME !!! (Kalo aku sih dulu ikut bimbingan belajar di sini nih [KLIK] )
  2. Banyak-banyak latihan soal SPMB/SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kenapa ??? Sebab, 50% soal SPMB/SNMPTN pernah dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya meskipun nggak sama persis, mungkin hanya diganti angkanya atau namanya saja.
  3. Saat mendaftar, pilihlah program IPC. Kenapa ??? Dengan memilih IPC, maka kita diperkenankan memilih 3 program studi (boleh 2 IPA, 1 IPS atau 1 IPA, 2 IPS) dan ini memperbesar peluang kita untuk lulus SPMB/SNMPTN. Tenang saja, nilai kemampuan IPA tidak dijadikan satu dengan nilai kemampuan IPS (tetap dihitung sendiri-sendiri). Jadi untuk masuk di program studi IPA yang diperhitungkan hanya nilai kemampuan dasar dan IPA sedang untuk masuk di program studi IPS yang diperhitungkan hanya nilai kemampuan dasar dan IPS saja.
  4. Saat mengerjakan soal, jika tidak tau pasti jawabannya, lebih baik tidak dijawab soalnya kalo jawaban salah skornya -1. Tapi untuk soal model multiple choice sudah aku siapkan trik supaya semua jawabannya bener. Hehehe:mrgreen::mrgreen::mrgreen:
  5. Banyak-banyak berdoa. Kenapa ??? Sebab, pintar bukanlah faktor utama yang menentukan kamu lulus/tidak. Faktor utamanya adalah keberuntungan atau yang sering disebut dengan faktor X. Dengan banyak berdoa, Insyaallah, keberuntungan akan berpihak kepada kita.

TRIK:

Pada SPMB/SNMPTN ada beberapa jenis soal. Ada soal tipe I, tipe II, dan tipe III. Soal tipe I adalah soal yang menyediakan pilihan jawaban langsung, soal tipe II multiple chioce, dan soal tipe III sebab akibat. Yang akan saya berikan adalah cara mengerjakan soal multiple choice jika kita tidak mengetahui atau ragu-ragu atas kebenaran masing masing jawaban.

Misalkan ada soal seperti ini:

Organ-organ dalam tubuh manusia yang juga berfungsi sebagai sistem endokrin adalah…

1. Testis
2. Otak
3. Ginjal
4. Ovarium

NB: Aturan menjawab soal ini adalah:

A. 1,2,3 BENAR
B. 1,3 BENAR
C. 2,4 BENAR
D. 4 BENAR
E. 1,2,3,4 BENAR

Rahasia jawabannya adalah sebagai berikut (harus dikerjakan secara berurutan):

  1. Jika jawaban no.1 benar, maka jawaban no.3 juga pasti benar. Atau berlaku sebalikanya, jika jawaban no.1 salah maka jawaban no.3 juga salah. Artinya kamu cukup mengetahui 1 jawaban yang benar saja, no.1 atau no.3.
  2. Jika jawaban no.1 dan 3 benar, cek jawaban no.4
  3. Jika jawaban no.4 benar, kamu tidak usah memperhatikan jawaban no.2. Karena sudah ada 3 komponen jawaban yang benar (yaitu no.1,3, dan 4) maka jawaban soal yang sesuai dengan ketiga komponen jawaban yang benar tersebut adalah E
  4. Jika jawaban no.4 salah, cek jawaban no.2.
  5. Jika jawaban no.2 ternyata salah, maka jawabannya adalah B. Tapi, jika jawaban no.2 benar, maka jawaban soal yang sesuai adalah A.
  6. Jika jawaban no. 1 dan 3 salah, cek jawaban no.2 dan tidak perlu melihat jawaban no.4. Jika no.2 benar, jawabannya sudah pasti C. Tapi, jika ternyata no.2 salah, jawabannya sudah pasti D.

Jadi jawaban untuk contoh soal di atas adalah E. Simple kan…!!! Eittts, tapi jangan sekali-sekali pakai trik ini saat menjawab soal ujian midsemester atau ujian akhir semester di universitas ya…

Pos ini dipublikasikan di Tips dan Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s