The Films About Doctor…

Sebagai seorang mahasiswa kedokteran tingkat profesi (ko ass alias dokter muda), banyak sekali kegiatan atau rutinitas di rumah sakit yang membuat saya suntuk. Apalagi ditunjang dengan siklus tidur yang semakin berantakan ketika sedang berada di stase-stase yang mewajibkan dokter muda untuk jaga malam. Bosan ??? Capek ??? Sudah pasti. Bahkan saya pernah menyesali keputusan saya untuk kuliah di kedokteran dan menganggap bahwa keputusan tersebut adalah kesalahan terbesar dalam hidup saya. Tapi, mau bagaimana lagi ??? Udah kadung nyebur, jadi yang bisa saya lakukan ya menghibur dan memotivasi diri sendiri. Salah satunya dengan menonton film-film bertema kedokteran seperti di bawah ini untuk membangkitkan semangat saya lagi. Hehehehehehe:mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:
PATCH ADAM

Film drama komedi produksi tahun 1998 ini berdasarkan kisah nyata tentang Dr. Hunter “Patch” Adams” yang terkenal dengan metode penyembuhannya yang tidak lazim dan melawan tradisi kedokteran modern. Kisahnya dimulai dengan Hunter Adams (Robin Williams) yang depresi lantaran ditinggal pacarnya namun secara sukarela masuk ke rumah sakit jiwa lantaran ingin sembuh.

Ketika dirawat di rumah sakit jiwa, Hunter mulai menemukan jalan hidupnya. Di sana ia menikmati bisa menolong pasien lain lantaran melihat dokter dan staf bersikap kaku pada para pasien. Ia menolong para pasien dengan humor dan tawa. Sejak itu Hunter yang kemudian lebih dikenal dengan julukan Patch bertekad menjadi dokter agar bisa membantu banyak orang.

Namun di sekolah kedokteran, Patch melihat metode pengobatan yang diajarkan sangat kaku karena hanya melihat sisi badaniah dan mengabaikan sisi rohaniah. Patch menganggap pengobatan harusnya mencakup dua sisi tersebut serta melihat humor adalah obat terbaik untuk kesehatan. Metode yang digunakannya sangat ditentang para dokter dan profesor sekolah kedokteran yang tidak suka metode mereka dipertanyakan.

Tetap saja Patch maju terus, tidak peduli kecaman atau gugatan dari kolega di dunia medis. Setelah lulus kedokteran, Patch kemudian mendirikan klinik sendiri yang bernama Gesundheit Clinic agar lebih leluasa menggunakan metodenya dan juga ingin membantu banyak pasien miskin yang tidak terjangkau sistem kesehatan Amerika yang mahal dan elitis. Namun lantaran Patch berpraktek tanpa izin praktek, ia lalu diajukan ke dewan kehormatan kedokteran, Medical Review Board.

 

CODE BLUE

Drama ini berasal dari negeri sakura, Jepang. Memiliki judul asli “Doctor Heli Kinkyuu Kyumei”. Terdiri dari 2 season (season 1 terdiri dari 11 episode + 1 episode spesial/SP dan season 2 terdiri dari 11 episode). Drama ini menceritakan tentang kehidupan 4 orang dokter (Kousaku Aizawa, Megumi Shiraishi, Mihoko Hiyama, dan Kazuo Fujikawa) yang sedang menjalani pelatihan sebagai “flight doctor” di Rumah Sakit Shohoku.

Drama ini memperlihatkan bagaimana kehidupan para dokter yang bekerja di ER (Emergency Room/IGD kalo di Indonesia). Banyak sekali adegan menegangkan saat mereka mencoba menyelamatkan nyawa pasien. Drama ini juga memperlihatkan bagaimana menjalin hubungan antara dokter dengan pasien, dokter dengan sejawat dokter lainnya, dan dokter dengan paramedis. Benar-benar mirip dengan kehidupan dokter di Indonesia, bedanya hanya pada alat-alat yang digunakan, kalo di Indonesia IGD cuma pake ambulan aja, kalo di sini ambulan tetep dipakai tapi ditambah dengan helikopter untuk mempercepat transportasi pasien gawat. Alat-alat yang dipakai di ER-nya juga canggih-canggih hehehehe:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

Buat kalian yang kepingin jadi dokter, atau udah mau jadi dokter, atau bahkan udah jadi dokter sekalipun, coba deh tonton drama ini. Bagus banget !!! Gak ada cinta-cintaan yang ada full tentang dokter, pasien, dan rumah sakit. Oiya, satu lagi, drama ini sukses membuat aku jadi tertarik baca buku ATLS (Advance Trauma Life Support) dan sukses membuat aku tertarik untuk menekuni spesialis emergency medicine, padahal dulunya nggak banget deh kerja di IGD !!! Yaaa…semoga aja aku bisa mewujudkan keinginanku tersebut dan mempelopori penggunaan helikopter untuk transportasi pasien gawat darurat di Indonesia. Amiiiiiin🙂

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Hobi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s